CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS IN FIRST SPEAKER’S SCRIPT REGARDING EDUCATIONAL FREEDOM IN SOCIOECONOMIC
Kata Kunci:
Analisis Wacana Kritis, Pembicara Pertama, Kebebasan BerpendidikanAbstrak
Analisis wacana kritis sangat bermanfaat untuk mengungkapkan gagasan tersirat terhadap masalah tertentu. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan hal yang berhubungan dengan masalah pendidikan dalam daerah yang mempunyai keterbatasan sosial-ekonomi dan bagaimana masalah mengenai ini diungkapkan oleh pembicara pertama dalam debat. Bentuk analisis dalam penelitian ini adalah kualitatif dan data penelitian dikumpulkan menggunakan tehnik studi dokumenter. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis dari Fairclough, tingkat analisa mencakup analisis level tekstual, analisis intertekstual, analisis dalam tingkat penerapan wacana dan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebebasan berpendidikan dari masyarakat ini dipengaruhi oleh faktor institusional dan situasional. Terdapat pula pengaruh yang cukup kontributif dari peran berbagai pihak seperti pemerintah, masyarakat, terutama institusi pendidikan yang menunjang kebebasan berpendidikan terhadap masyarakat di daerah ini.