EFEKTIVITAS METODE TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN READING COMPREHENSION SISWA KELAS X SMAN 1 NGRAMBE
Kata Kunci:
Two Stay Two Stray, Reading ComprehensionAbstrak
Penelitian ini tentang efektifitas metode ‘Two Stay Two Stray’ untuk pembelajaran ‘reading comprehension’ siswa kelas 10 di SMAN 1 Ngrambe tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mencari fakta nyata apakah metode ‘Two Stay Two Stray’ efektif untuk pembelajaran membaca teks naratif siswa kelas 10 SMAN 1 Ngrambe. Peneliti menggunakan sampel acak dengan memilih dua kelas yaitu kelas X B sebagai kelas eksperimental dan kelas X C sebagai kelas kontrol. Masing-kelas terdiri dari 26 siswa, jadi totalnya 52 siswa. Peneliti menggunakan observasi untuk mendapatkan kualitatif data dan tes untuk mendapatkan kuantitatif data, yaitu pre-tes dan post-test. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan t-tes. Hasil dari t-tes yaitu 1,84 sedangkan nilai pada t-tabel yaitu 1,67. Berdasarkan hasil dari t-tes dapat ditunjukkan 1,85>1,67. Nilai rata-rata pre-tes pada kelas eksperimental adalah 65,69 dan pada kelas kontrol adalah 55,85. Nilai rata-rata post-tes pada kelas eksperimen adalah 80,92 dan pada kelas kontrol adalah 69,08. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ‘Two Stay Two Stray’ efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa.