PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI SASTRA
Kata Kunci:
karakter, anak usia dini, sastraAbstrak
Usia prasekolah merupakan masa peka bagi anak karena terjadinya pematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Oleh karena itu dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak, agar tumbuh kembangnya bisa optimal, termasuk karakternya. Tulisan ini bertujuan memberikan alternatif bagi pendidik PAUD dan orang tua tentang bagaimana menumbuhkembangkan karakter anak usia dini melalui media sastra anak. Pendidikan karakter berorientasi pada proses pembinaan potensi yang ada dalam diri anak, yang dikembangkan melalui pembiasaan sifat baik yaitu berupa pengajaran nilai. Sastra anak adalah sastra yang mencerminkan perasaan dan pengalaman anak-anak, dengan isi cerita dan bahasa yang mudah dipahami. Dengan kemasan cerita yang menarik, mudah dipahami dan dengan bahasa anak, maka sastra anak dapat dijadikan media untuk mengenalkan, menanamkan, membentuk dan mengembangkan karakter baik pada diri anak. Guru sebagai fasilitator menyusun RKH dengan media sastra anak kemudian mengajak anak-anak bermain peran sesuai teladan baik yang ada di dalam karya sastra. Dengan langkah tersebut diharapkan karakter yang positif akan tertanam dalam diri anak, dan akan berkembang seiring pembiasaan teladan baik yang dilakukan di rumah dan di sekolah.