PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA PADA SISWA PAUD

Penulis

  • Cutiana Windri Astuti STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Kemampuan berbicara, metode bercerita

Abstrak

Kemampuan berbicara siswa PAUD masih rendah, sehingga siswa kurang bisa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya, serta kurang lancar dalam berkomunikasi dengan lingkungannya. Maka perlu dilakukan tindakan yaitu penggunaan metode bercerita dengan media boneka jari untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa PAUD Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dengan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini, yaitu pada siklus I diperoleh persentasi hasil belajar 66,7% dan pada siklus II diperoleh peningkatan persentasi hasil belajar 80%.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-22

Terbitan

Bagian

Articles