THE IMPLICIT MEANING OF JAKARTA GLOBE VIDEO ADVERTISEMENT

Penulis

  • Anis Feri Yusanti STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Makna Implisit, Iklan Video, Koran Jakarta Globe

Abstrak

Iklan merupakan alat bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan untuk mempromosikan suatu produk kepada publik. Sejatinya, iklan mengandung pesan tersirat maupun tersurat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa makna tersirat dari iklan video perusahaan Koran Jakarta Globe, dari aspek macrostructure, konteks, dan bahasa non-verbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain analisis wacana. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan teknik Miles and Huberman (1994) yang meliputi penyajian data, redukdi dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) aspek microstructure, pembuat iklan mengilustrasikan pesan dengan menunjukan dialog yang berisi kesalahpahaman dan salah pemilihan dalam menggunakan Bahasa Inggris antara wanita dan pria, (2) aspek macrostructure dalam kasus ini adalah konteks, pembuat iklan menambahakan informasi dalam format co-text dan intertext, (3) segi non-bahasa verbal, terdapat ekspresi wajah dan perubahan warna animasi untuk memperjelas pesan yang ingin disampaikan, (4) pesan tersirat yang terkandung dalam iklan ini adalah komunikasi bukan hanya tentang bagaimana menyusun kata secara benar tetapi juga menggunakan secara tepat berdasarkan konteks dan kaidah masing-masing. Setiap bahasa selalu membawa kaidah kebahasaan dan tidak dapat disamakan satu dengan yang lainya. Pembuat iklan juga mengajak masyarakat untuk gemar membaca sebagai langkah dalam meraih kesuksesan.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-30

Terbitan

Bagian

Articles