INTEGRATING CASE BASED LEARNING IN ESP COURSE: A CASE STUDY AT STKIP PGRI PONOROGO IN THE ACADEMIC YEAR OF 2014-2015
Kata Kunci:
pembelajaran berbasi kasus, matakuliah ESP, calon guruAbstrak
Sebagai salah satu mata kuliah wajib untuk mahasiswa pendidikan bahsa Inggris, mata kuliah ESP harus ditujukan untuk mempersiapkan mereka untuk tugas profesional mereka dalam kelas ESP mereka di masa datang. Studi ini difokuskan pada penerapan pembelajaran berbasis kasus pada mata kuliah ESP di STKIP PGRI Ponorogo. Studi ini meliputi rencana pembelajaran, materi instruksional dan media, aktivitas instruksional, dan cara mengukur tingkat pemahaman mahasiswa. Pembelajaran berbasis kasus melibatkan mahasiswa untuk menyelidiki, mengkomunikasikan, dan memberikan solusi praktis untuk diterapkan pada suatu kasus. Studi ini menggunakan desain deskriptif qualitatif untuk mengidentifikasi dan mennggambarkan fenomena pengintegrasian pembelajaran berbasis kasus pada mata kuliah ESP di STKIP PGRI Ponorogo. Data didapatkan dari wawancara, observasi, dan studi dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode triangulasi pembelajran berbasis kasus merupakan aktifitas pendamping untuk aktifitas ceramah. Case base learning is an augment activity for traditional lecturing activity. Pembelajran menggunakan kasus meningkatkan kemampuan berfikir tinggi dan membantu mahasiswa untuk menghadapi bebrbagai konteks pembelajaran ESP. Pembelajran ini juga mendorong mereka untuk mendesain atau mengembangkan
secara kritis sebuah pembelajaran ESP yang disesuaikan dengan analisis kebutuhan