Non-Natives’ Attitude Towards Javanese Language Viewed from Multilingual Perspectives
Kata Kunci:
Bahasa Jawa, Sikap Bahasa, Non-JawaAbstrak
Sikap bahasa telah menjadi salah satu topik yang menarik para peneliti di banyak negara, termasuk di Indonesia. Salah satu bahasa khas yang dijadikan objek kajian adalah bahasa Jawa. Sejauh ini, kajian tentang sikap bahasa Jawa belum banyak yang mencakup dari perspektif multibahasa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap bahasa penutur non Jawa terhadap bahasa Jawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Kuesioner terdiri dari sepuluh item dan dirancang berdasarkan skala lima Likert. Instrumen tersebut dirumuskan untuk mengatasi tiga komponen dalam menyelidiki sikap bahasa, seperti yang disarankan oleh Garret (2010). Ketigakomponen tersebut adalah komponen afektif, perilaku, dan kognitif. Penelitian ini melibatkan 57 partisipan, terdiri dari 18 laki-laki dan 39 perempuan yang bahasa ibunya bukan bahasa Jawa. Mereka bervariasi dalam hal usia, bahasa ibu, latar belakang pendidikan, dan pekerjaan. Para peserta diberikan kuesioner secara online. Untuk memverifikasi data yang dikumpulkan melalui kuesioner, dilakukan wawancara semi terstruktur, melibatkan lima belas partisipan yang dipilih secara acak. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis data model interaktif, terdiri dari tiga langkah sistematis; reduksi data, display, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta memiliki sikap positif terhadap bahasa Jawa. Sikap positif tersebut diekspresikan melalui sikap afektif, perilaku, dan kognitif mereka terhadap bahasa Jawa. Sikap afektif ditunjukkan melalui minat dan perasaan positif mereka untuk belajar bahasa Jawa. Sikap perilaku diungkapkan melalui klaim mereka bahwa bahasa Jawa mudah dipelajari, sedangkan sikap kognitif diungkapkan melalui pemahaman mereka tentang penggunaan bahasa Jawa secara nyata.