Increasing Fifth Graders’ Vocabulary Mastery Using Monopoly Game

Penulis

  • Muhammad Ulil Abshori STKIP PGRI Ponorogo
  • Elys Rahayu Rohandia Misrohmawati STKIP PGRI Ponorogo
  • Adip Arifin STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Kosakata, Permainan Monopoli, PTK

Abstrak

Penerapan metode permainan dalam pengenalan kosakata; berdasarkan latar belakang pengetahuan siswa merupakan hal penting yang harus dipahami oleh guru. Permainan monopoli adalah teknik yang cocok untuk mengembangkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan permainan monopoli dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas. Penelitian ini ditujukan untuk siswa kelas V SDN Nampan Ponorogo pada tahun akademik 2017/2018 yang terdiri dari 9 siswa. Penelitian ini dilakukan pada Mei hingga Juni. Peneliti menggunakan observasi, kuesioner dan tes dalam mengumpulkan data. Peneliti menggunakan persentase dan rata-rata dalam menganalisis data. Hasil analisis adalah sebagai berikut: (1) penerapan permainan monopoli dalam penguasaan kosakata yang meningkatkan penguasaan kosakata siswa, (2) hasil kuesioner menunjukkan bahwa siswa menikmati permainan monopoli sambil mempelajari kosakata, dan (3) hasil tes menunjukkan bahwa semua siswa telah lulus tes. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa permainan monopoli efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa, khususnya pada jenjang sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2020-01-11

Terbitan

Bagian

Articles