PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALAUI TEKNIK PETA PIKIRAN

Authors

  • administrator administrator STKIP PGRI Ponorogo

Keywords:

menulis puisi, pendekatan kontekstual, peta pikiran

Abstract

Pendekatan kontekstual menyarankan bahwa pembelajaran akan terkesan dan akhirnya bertahan lama di dalam diri siswa jikalau memanfaatkan pengalaman para siswa. Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual serta memanfaatkan teknik “peta pikiran” diharapkan pengalaman siswa akan mudah diwujudkan. Hal ini, karena di satu sisi, pembelajaran dengan pendekatan kontekstual melalui teknik ”peta pikiran” mengedepankan pembelajaran berbasis siswa dan mengarah pada produktivitas pencapaian. Teknik ini mengajak para siswa untuk menuangkan kebebasan berpikir yang diwujudkan dalam pemilihan sebuah kata. Kata yang menjadi pilihan siswa dijadikan sebagai pusat berpikir untuk dikembangkan dengan menciptakan sebuah kata baru yang ada relevansinya dengan kata yang sudah dipilih. Pembelajran dengan teknik ”peta pikiran” ini mengajak siswa untuk mendeskripsikan apa yang pernah dilihat, dialami, dan dipikirkan dalam wujud kata-kata menarik. Kata-kata yang diciptakan para siswa itu akan menjadi modal dasar dalam penulisan puisi.

Published

2021-05-22

Issue

Section

Articles