Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini dengan Media Boneka Jari

Penulis

  • Novaria Zulaicha Trisdiana STKIP PGRI Ponorogo
  • Rohmad Arkam STKIP PGRI Ponorogo
  • Rizki Mustikasari STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Anak Usia Dini, Kemampuan Bercerita, Media Boneka Jari

Abstrak

Bahasa adalah salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang penting untuk diperhatikan. Salah satu perkembangannya adalah kemampuan bercerita. Kemampuan bercerita dapat di stimulus, salah satunya dengan menggunakan media boneka jari. Selain itu, penerapan media boneka jari juga dapat mengoptimalkan kemampuan berbahasa anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bercerita siswa kelompok B TK Among Putro Desa Balerejo Kebonsari Madiun tahun 2021. Desain penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Dan untuk menguji hipotesis penelitian, maka teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T. Sampel yang digunakan hanya satu kelompok maka jenis uji beda yang digunakan adalah Paired Sample T Test. Hasil analisis data uji Paired Sample T test dengan cara membandingkan signifikansi sig (2-tailed) dengan signifikansi 0,05, pada siklus I diperoleh hasil nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,005 disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada siklus I dan siklus II. Sedangkan hasil analisis data Paired Sample T Test dengan cara membandingkan nilai T hitung dengan T tabel diperoleh hasil nilai T hitung lebih besar dari t tabel 9.390> 1.8331, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pra siklus dengan siklus I. Sedangkan pada siklus II hasil nilai T hitung lebih besar dari T tabel 6.332 > 1.8331, yang artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara siklus I dengan Siklus II.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-26

Terbitan

Bagian

Articles