Peran Orang Tua dalam Mensukseskan Pembelajaran Berbasis STEAM di TK

Penulis

  • Endang Lestari STKIP PGRI Ponorogo
  • Rohmad Arkam STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

AUD, Peran Orang Tua, Pembelajaran Berbasis STEAM

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji peran orang tua dalam mensukseskan pembelajaran berbasis STEAM di TK. Penelitian ini dilakukan di TK. Mardisiwi, Desa Kedondong, Kecamatan Kebonsari, Madiun, Jawa Timur. Jumlah siswa di TK tersebut sebanyak 20, 10 murid laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini melibatkanorang tua siswa sebagai subyek penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Selanjutnya, analisis data dilakukan secara deskriptif. Dari hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa peran orang tua sangatlah penting di era transformasi digital seperti sekarang ini. Peran orang tua dalam mensukseskan pembelajaran berbasis STEAM di TK. Mardisiwi yakni dengan pendidikan asah, asih serta asuh. Selain itu, juga dengan membangkitkan pontesi dan kreatifitas anak, mengenalkan gadget pada anak serta mengatur waktu penggunaannya. Hasil lain yang juga terungkap adalah perilaku orang tua yang membatasi penggunaan ponsel di depan anak-anak. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sangatlah penting dalam ikut serta mensukseskan pembelajaran berbasis STEAM.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-26

Terbitan

Bagian

Articles