Improving Students’ Vocabulary Mastery Using Song and Pictures for Kindergarten Students

Penulis

  • Ayu Herdiannur Niswatus Sholikah STKIP PGRI Ponorogo
  • Rifa Suci Wulandari STKIP PGRI Ponorogo
  • Syamsuddin Ro'is STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Kosakata, Media Lagu dan Gambar, PAUD

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui media lagu dan gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Kelompok A TKIT Nurussyifa, Ponorogo. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan 2 siklus penelitian. Tiap siklus terdiri dari empat langkah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Peneliti menggunakan tiga teknik untuk mengumpulkan data, yakni: observasi, wawancara dan tes. Data diklasifikasikan dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi dan wawancara. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes. Untuk menganalisis data kualitatif, peneliti menerapkan model interaktif yang terdiri dari langkah berikut: (1) reduksi, (2) penyajian, dan (3) verifikasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistiks deskriptif. Hasil di setiap siklus dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan jumlah siswa yang mendapatkan skor di atas minimum dari 8 murid pada siklus 1 menjadi 14 murid pada siklus 2. Persentase kesuksesan ada peningkatan dari 59,44 % di dalam siklus 1 menjadi 80,56 % di dalam siklus 2. Hasil ini juga sekaligus menunjukkan bahwa media lagu dan gambar efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa di jenjang pendidikan anak usia dini, khususnya pada kelompok A TKIT Nurussyifa, Ponorogo.

Unduhan

Diterbitkan

2020-01-11

Terbitan

Bagian

Articles