Peningkatan Kemampuan Membaca Suku Kata melalui Montessori Model Large Moveable Alphabet
Kata Kunci:
Suku Kata, Montessori Model, LMAAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman tentang pengenalan huruf alphabet sehingga anak kesulitan membedakan huruf konsonan “b, d, p, q” dan seterusnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca suku kata anak kelompok A di TK Islam Al-Qosim Gandu Mlarak Ponorogo melalui metode Montessori model LMA pada tahun pelajaran 2019-2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi yang mengacu pada lembar penilaian observasi dan dokumentasi yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak sudah memenuhi target penelitian yaitu 70%. Hasil capaian di siklus I anak yang tuntas sejumlah 4 anak dan di siklus II sejumlah 7 anak yang jika diprosentasekan 40% dan 70%. Sehingga kemampuan membaca anak mengalami peningkatan sebesar 30%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Montessori model LMA dapat meningkatkan kemampuan membaca suku kata anak kelompok A di TK Islam Al-Qosim Gandu Mlarak Ponorogo.