Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kepemimpinan Siswa

Penulis

  • Nurul Vidian Ningsih STKIP PGRI Ponorogo
  • Lusy Novitasari STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Bermain Peran, Kepemimpinan, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan memimpin pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita 2 Wringinanom dan guru yang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode bemain peran untuk meningkatkan kemampuan memimpin anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan memimpin anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita 2 Wringinanom. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian ini dilakukan melalui siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan kemampuan memimpin anak melalui metode bermain peran. Persentase hasil capaian di siklus pertama adalah 60%, sedangkan siklus kedua persentase keberhasilan anak yang tuntas adalah 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain peran mampu meningkatkan kemampuan memimpin pada anak usia 5-6 tahun.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-03

Terbitan

Bagian

Articles