Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional AUD Melalui Permainan Tradisional
Kata Kunci:
Kemampuan Sosial Emosional, Anak Usia Dini, Permainan Tradisional, Cublak-cublak SuwengAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui permainan tradisional cublak-cublak suweng. Penelitian ini dilatarbelakangi belum berkembangnya kemampuan sosial emosional anak usia dini dengan baik. Selain itu, ketidaktahuan anak usia dini terhadap permainan tradisional cublak-cublak suweng juga menjadi faktor pendorong. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian terdiri dari siswa AUD usia 5-6 tahun di TK Merak Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat sosial emosional anak sebelum dan sesudah pemberian tindakan. Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan tradisional cublak-cublak suweng mampu meningkatkan kemampuan sosial emosional partisipan. Hal ini dibuktikan dengan kondisi pra-tindakan yang menunjukkan perkembangan social emosional siswa sebesar 32%. Ini berarti masih berada di bawah indikator keberhasilan. Hasil tindakan Siklus I menunjukkan peningkatan perkembangan social emosional menjadi 60%, dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Hasil tindakan penelitian Siklus II menunjukkan peningkatan perkembangan social emosiona sebesar 89%, dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional cublak-cublak suweng dapat menjadi alternatif permainana edukatif untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia dini.