Peningkatan Hasil Pembelajaran Sains AUD Melalui Metode Eksperimen
Kata Kunci:
Hasil Pembelajaran Sains, Metode Eksperimen, Anak Kelompok BAbstrak
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi siswa khususnya pada bidang sains. Hal ini dikarenakan oleh konsep pembelajaran sains yang masih abstrak dan media pembelajaran yang kurang menarik. Alhasil, aspek kognitif yang dimiliki siswa kurang berkembang secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran sains melalui metode eksperimen dalam kegiatan menyebutkan jenis warna dan pencampuran warna pada anak kelompok B di TK Amanah Insan Cita (AIC) Ponorogo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode siklus spiral yang dikembangkan oleh Kemmis & MC Taggart yang terdiri dari empat komponen yakni perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil observasi siklus 1 menunjukkan bahwa anak belum memiliki kemampuan menyebutkan jenis warna dan anak belum dapat menunjukkan hasil pencampuran warna sedangkan pada siklus 2 hasil pembelajaran sains anak meningkat dengan kategori baik, berkembang sesuai harapan dengan persentase di atas 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen dalam pembelajaran sains melalui kegiatan menyebutkan jenis-jenis warna dan kegiatan pencampuran warna terbukti dapat meningkatkan hasil pembelajaran sains pada anak kelompok B di TK Amanah Insan Cita (AIC) Ponorogo.