Pemanfaatan Gadget Sebagai Media Pelestarian Bahasa Daerah Bagi Anak Usia Dini

Penulis

  • Endang Lestari STKIP PGRI Ponorogo
  • Suroto Rosyd Setyanto STKIP PGRI Ponorogo
  • Endah Normawati Mahanani STKIP PGRI Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.60155/mentari.v5i1.638

Kata Kunci:

Gadget, Anak Usia Dini, Bahasa Daerah

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan gadget sebagai media pelestarian bahasa daerah bagi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam proses pengumpulan data, peneliti juga mengkaji literature dan referensi yang relevan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Balerejo Kec. Kebonsari Kab. Madiun, dengan jumlah subyek 25 anak didik. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga hal yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dalam melestarikan bahasa daerah dengan menggunakan media gadget yaitu; (1) budaya orang tua untuk mempertahankan konsep tradisional dalam mendidik anak; (2) status sosial ekonomi orang tua dari kelas menengah ke bawah yang cenderung lebih keras dalam mengasuh anak; dan (3) pendidikan orang tua.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-25

Terbitan

Bagian

Articles