Menanamkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Practical Life

Penulis

  • Alifia Shirley Institut Al Azhar Menganti Gresik
  • Fadila Institut Al Azhar Menganti Gresik
  • Ika Septianingrum Institut Al Azhar Menganti Gresik

DOI:

https://doi.org/10.60155/mentari.v5i1.465

Kata Kunci:

Kemandirian Anak, Keterampilan Hidup, Latihan Keterampilan Praktis

Abstrak

Penanaman kemandirian anak menjadi tanggung jawab guru di sekolah dan orang tua di rumah. Kemandirian anak semakin terlihat dengan di dukung dengan kegiatan practical life untuk membekali keterampilan hidup (life skill) anak. Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui dan melatih practical life anak usia dini kelompok B di RA Bahrul Ulum Pelemwatu. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sejumlah 33 siswa kelompok B Raudlatul Athfal Bahrul Ulum Palemwatu. Waktu pelaksanaan penelitian selama dua hari pada tanggal 29 - 30 Agustus 2024, dengan menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara kepada guru kelas B, dan dokumentasi. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa kemandirian anak usia dini semakin meningkat dengan kegiatan practical life di sekolah. Anak usia dini mampu mengekspresikan diri seiring dengan guru memberikan keterampilan hidup melalui kegiatan praktik mencuci kaos kaki. Anak terlatih dengan belajar aktivitas sehari-hari menjemur kaos kaki, dan anak semakin terlatih dengan kegiatan sebelum berangkat ke sekolah dengan memakai kaos kaki sendiri. Kemandirian anak usia dini merupakan perilaku cara hidup anak yang diberikan melalui latihan-latihan life skill mencuci kaos kaki, menjemur kaos kaki, dan menggunakan kaos kaki secara mandiri, serta aktivitas ringan yang berhubungan dengan kegiatan baik di sekolah, di rumah, dan di lingkungan bermain anak sebagai kegiatan practical life. 

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-25

Terbitan

Bagian

Articles