Stimulasi Perkembangan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Egrang Batok

Penulis

  • Jumawan Jumawan STKIP PGRI Ponorogo
  • Rifa Suci Wulandari STKIP PGRI PONOROGO
  • Endang Lestari STKIP PGRI PONOROGO

DOI:

https://doi.org/10.60155/mentari.v4i1.435

Kata Kunci:

Stimulasi, Fisik Motorik, Permainan Tradisional, Egrang Batok

Abstrak

Aspek perkembangan fisik motorik merupakan fase perkembangan pada unsur kematangan gerak anggota badan yang sangat erat kaitanya dengan perkembangan pusat motorik di otak. Dengan bertambahnya usia secara bertahap maka gerakan meningkat dari belum berkembang dan tidak terampil menuju pada perkembangan sangat baik. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan permainan tradisional egrang batok sebagai media stimulasi perkembangan fisik motorik anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Ponorogo. Desain penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan tradisional egrang batok sebagai media stimulasi perkembangan fisik motorik anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Ponorogo sudah berkembang sesuai harapan. Ketika permainan tradisional egrang batok dimainkan secara teratur, terbukti sangat membantu perkembangan fisik motorik anak dan membantu menstimulasi aspek konsentrasi, koordinasi mata, tangan sampai dengan kaki, serta kelincahan, kecepatan, dan ketepatan dalam bermain. Saran untuk pembaca yang akan melakukan penelitian kualitatif lapangan pada aspek perkembangan fisik motorik anak agar melakukan penelitian dengan teliti dan fokus sehingga hasil penelitian lebih valid.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-28

Terbitan

Bagian

Articles