Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Media Loose Parts

Penulis

  • Windy Atmilawati STKIP PGRI Ponorogo
  • Rohmad Arkam STKIP PGRI Ponorogo
  • Rizki Mustikasari STKIP PGRI Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.60155/mentari.v3i2.371

Kata Kunci:

Loose Part, Kemampuan Mengenal, Lambang Bilangan, Anak

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan 1 Jurug Sooko. Hal ini disebabkan karena kurangnya ketrampilan guru serta belum digunakannya media yang tepat dalam mengenalkan lambang bilangan pada anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan anak menggunakan media loose parts. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan uji beda paired sample t-test pada dua kelompok data yaitu pre test dan post test. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Uji analisis data pada penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap meliputi tahap uji normalitas serta uji hipotesis. Uji analisis data tersebut dilakukan dengan bantuan SPSS 18 dan menghasilkan output data yang menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada saat pra siklus, siklus I, maupun siklus II. Hasil rata-rata pra siklus yaitu sebelum diberi tindakan menggunakan media loose part sebesar 4,6, nilai rata-rata siklus I meningkat menjadi 5,733, serta nilai rata-rata siklus II mengalami peningkatan dengan baik sebesar 6,8, maka secara deskriptif terdapat peningkatan rata-rata dari pra siklus, siklus I dan siklus II.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-25

Terbitan

Bagian

Articles