English Education Freshmen’ Experience on Language Learning Anxiety
DOI:
https://doi.org/10.60155/salience.v4i2.479Kata Kunci:
Mahasiswa Baru, Kecemasan Belajar, Pendidikan Bahasa InggrisAbstrak
Kecemasan belajar bahasa adalah perasaan tegang dan takut menggunakan bahasa Inggris, terutama dalam lingkungan bahasa asing. Mahasiswa baru di jurusan pendidikan bahasa Inggris cenderung mengalami berbagai jenis dan tingkat kecemasan belajar bahasa. Studi kuantitatif deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan jenis dan tingkat kecemasan belajar bahasa pada mahasiswa baru jurusan pendidikan bahasa Inggris menggunakan survei. Menurut temuan tersebut, mahasiswa baru di jurusan pendidikan bahasa Inggris mengalami kecemasan komunikasi lebih banyak daripada kecemasan ujian atau ketakutan terhadap evaluasi negatif. Mayoritas siswa mengalami tingkat kecemasan sedang hingga tinggi untuk setiap jenis kecemasan dalam pembelajaran bahasa. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami alasan dan cara mengatasi kecemasan belajar bahasa.