Gender-Based Pre-Service Teachers’ Academic Resilience
DOI:
https://doi.org/10.60155/salience.v4i2.478Kata Kunci:
Ketahanan Akademik, Gender, Calon Guru Bahasa InggrisAbstrak
Ketahanan akademik adalah faktor penting dalam menentukan keberhasilan mahasiswa. Setiap perbedaan yang mungkin ada antara mahasiswa laki-laki dan perempuan dalam program pendidikan Bahasa Inggris penting untuk memastikan bahwa semua mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai kesuksesan akademis. Kuesioner adaptasi ketahanan akademik digunakan dalam studi kuantitatif ini dengan melibatkan mahasiswa program Pendidikan Bahasa Inggris semester tiga. Meskipun secara persentase lebih kecil dari populasi mahasiswa program Pendidikan Bahasa Inggris semester tiga, studi ini menunjukkan bahwa lebih banyak mahasiswa laki-laki memiliki tingkat ketahanan akademik yang tinggi. Temuan lainnya adalah bahwa mahasiswa laki-laki dan perempuan yang memiliki tingkat ketahanan akademik yang rendah memiliki persentase sama. Hasil penelitian ini mendukung temuan yang menunjukkan bahwa gender memiliki pengaruh
terhadap ketahanan akademik.