The Use of The Lingodeer Application in Enhancing Students’ Vocabulary Mastery
DOI:
https://doi.org/10.60155/salience.v4i2.450Kata Kunci:
Kosakata, Media Pembelajaran, Aplikasi LingodeerAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang implementasi dan respon siswa dengan menggunakan Lingodeer aplikasi sebagai media yang digunakan siswa untuk untuk menemukan perolehan kosa kata siswa setelah mereka menggunakan aplikasi Lingodeer pada kelas 7B SMPN 01 Konang melalui pendekatan kualitatif. Aplikasi Lingodeer dipilih karena menyediakan berbagai fitur pembelajaran bahasa yang interaktif dan menarik, yang dapat diakses oleh siswa kapan saja dan di mana saja. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan aplikasi Lingodeer mengalami peningkatan dalam penguasaan kosakata. Observasi selama kegiatan belajar mengajar menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan aktif dalam proses pembelajaran. Wawancara dengan siswa mengungkapkan bahwa mereka merasa lebih termotivasi dan tertarik untuk belajar bahasa Inggris menggunakan aplikasi Lingodeer karena metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Analisis dokumentasi juga mendukung temuan ini, menunjukkan peningkatan jumlah kosakata yang dikuasai siswa setelah menggunakan aplikasi ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi Lingodeer efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa dan dapat menjadi alat bantu yang berguna bagi guru dalam mengajar bahasa Inggris. Disarankan agar guru mempertimbangkan penggunaan aplikasi pembelajaran seperti Lingodeer untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan efektif. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi penggunaan aplikasi ini dalam keterampilan bahasa lainnya serta pengaruh jangka panjangnya terhadap kemampuan berbahasa siswa.