LS Media (Learning Speaking)-Application for Senior High School
Kata Kunci:
Aplikasi LS, Pembelajaran Berbicara, Kelas XAbstrak
Latar belakang dikembangkannya LS (Learning Speaking)-Application adalah untuk memfasilitasi dan membantu pembelajaran bahasa Inggris. Di SMA Diponegoro Ploso pembelajaran Bahasa Inggris masih menggunakan metode biasa tanpa media lain. Media pembelajaran diperlukan untuk memfasilitasi atau memotivasi guru dalam mengajar dan membuat siswa lebih mudah memahami materi Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media LS (Learning Speaking) Application untuk Kelas X. Metode penelitian menggunakan R&D (Research and Development), pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah, yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penilaian menunjukkan bahwa LS (Learning Speaking)-Application memiliki kelayakan “sangat baik”, menurut ahli media mendapatkan rata-rata 85% dan ahli materi 90%. Oleh karena itu, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Diponegoro Ploso. Respon siswa terhadap hasil try out 80%, artinya media berkategori “Baik”. Dapat disimpulkan bahwa LS (Learning Speaking)-Application layak untuk digunakan.