Designing “Vention” as Narrative Text Learning Media for Tenth-Grade High School
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Teks Naratif, Novel VisualAbstrak
Penggunaan media pembelajaran tidak mungkin terlepas dari proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat dapat menimbulkan kesulitan dalam proses belajar. Kasus ini juga berlaku pada pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain “Vention” sebagai media pembelajaran untuk para siswa. “Vention” adalah media berbasis visual novel dalam materi narrative text untuk kelas sepuluh SMA. Visual novel adalah cabang dari genre adventure dalam video game, di mana konten utamanya mirip dengan novel dengan tambahan berbagai aspek dan gaya naratif. Untuk menguji kelayakan “Vention” sebagai media pembelajaran, penelitian R&D ini dilaksanakan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), sedangkan untuk prosedur yang digunakan adalah ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di MA. Mambaul Ulum Jombang dengan melibatkan 18 siswa sebagai subjek penelitian. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Sedangkan untuk mempresentasikan hasilnya digunakan skala Likert. Hasil yang diperoleh dari kuesioner seusai implementasi produk sebesar 83,2% (sangat setuju). Dapat disimpulkan bahwa Vention sukses menjadi media pembelajaran narrative text
untuk kelas sepuluh SMA.