Analisis Permainan Edukatif dalam Mendukung Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Penulis

  • Rina Windah Astuti Universitas Jambi
  • Nafa Dela Rahmadani Universitas Jambi
  • Sruni Rama Lestari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.60155/mentari.v4i2.481

Kata Kunci:

Perkembangan Kognitif, AUD, Permainan Edukatif, Tahap Praoperasional

Abstrak

Usia dini adalah periode penting untuk mengoptimalkan potensi anak, di mana peran orang tua dan guru sangat krusial. Pendidikan anak usia dini menciptakan lingkungan yang mendukung eksplorasi dan pembelajaran. Usia dini adalah periode penting untuk mengoptimalkan potensi anak, di mana peran orang tua dan guru sangat krusial. Pendidikan anak usia dini menciptakan lingkungan yang mendukung eksplorasi dan pembelajaran. perkembangan kognitif anak usia dini, khususnya pada tahap praoperasional (usia 2-7 tahun), dapat dioptimalkan melalui permainan edukatif baik modern maupun tradisional, seperti puzzle, bermain peran, dan congklak. Penelitian menunjukkan bahwa permainan ini efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir simbolis, memecahkan masalah, dan melatih keterampilan berhitung, dengan beberapa studi mencatat peningkatan aspek kognitif hingga 94,73%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-17

Terbitan

Bagian

Articles