Evaluasi Pelaksanaan Tes Tertulis di TKIT. Nurussyifa dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.60155/mentari.v4i1.358Kata Kunci:
Evaluasi, Tes Tertulis, Kurikulum MerdekaAbstrak
Anak usia dini merupakan generasi penerus bangsa yang harus kita maksimalkan perkembangan dan pertumbuhannya. Pada masa golden age ini anak mendapatkan stimulasi dari lingkungan yang ada di rumah, di sekolah, dan di masyarakat. Di sekolah guru memberikan stimulasi kepada anak melalui kegiatan pembelajaran sesuai kurikulum merdeka. Pada masa pra sekolah, anak juga sudah di kenalkan dengan kegiatan menulis dasar. Indikator menulis permulaan yaitu, anak bisa memegang alat tulis dengan baik dan benar, mampu menggerakkan tangan dengan baik, anak dapat menirukan bentuk huruf, anak dapat mengenal bentuk huruf. Kegiatan tes tulis di TK diterapkan dengan kegiatan yang sangat sederhana seperti menebalkan huruf, membuat garis hubung, membuat bentuk dan masih banyak lagi. Penelitian ini di lakukan untuk mengevaluasi kegiatan tes tulis di TKIT Nurussyifa Krebet Jambon Ponorogo. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelompok A1, dan siswa kelompok A di TKIT Nurussyifa. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan studi kasus lapangan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, kegiatan tes tertulis yang di lakukan di TKIT Nurussyifa sudah berjalan dengan baik, dan tidak memberatkan kepada anak tetapi menunjukkan hasil yang positif dan efektif untuk melatih motorik anak dalam menulis permulaan.
Kata kunci: Evaluasi, Tes Tertulis, kurikulum merdeka