Peran Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Seni Hasta Karya
DOI:
https://doi.org/10.60155/mentari.v3i2.211Kata Kunci:
Peran Guru, Kreativitas AUD, Hasta KaryaAbstrak
Guru memiliki peran penting dalam keberhasilan belajar siswa. Selain itu guru juga memiliki peran untuk menumbuhkan daya kreativitas anak. Salah satu upayanya melalui pembuatan hasta karya. Dengan pengembangan hasta karya tersebut guru memiliki peran penting sebagai fasilitator dan sekaligus motivator. Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kreatifitas anak usia dini pada TK Al Hasan Sukorejo, Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah berikut: reduksi data, penyajian hingga penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil riset, guru telah melaksanakan perannya sebagai fasilitator dan motivator bagi siswa. Peran sebagai fasilitator diwujudkan dalam bentuk penyiapan penyediaan peralatan dan media yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar. Sedangkan peran sebagai motivator diwujudkan dalam bentuk pemberian stimulus, motivasi dan penguatan kepada para siswa agar berusaha maksimal dalam setiap pembelajaran. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai fasilitator dan motivator di TK Al HAsan Sukorejo Ponorogo telah dilaksanakan dengan baik.