Peningkatan Kemampuan Menulis Kata dengan APE Dadu Cerdas

Penulis

  • Yeni Erviana STKIP PGRI Ponorogo
  • Siti Munifah STKIP PGRI Ponorogo
  • Rizki Mustikasari STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Keterampilan Menulis, APE, Dadu Cerdas

Abstrak

Kemampuan menulis kata pada anak TK perlu dilatih sejak dini. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif sekaligus ekspresif. Keterampilan menulis ini tidak akan datang secara otomatis, melainkan harus melalui latihan dan praktik kontinyu dan teratur. Untuk itu, kegiatan pembelajaran harus memfasilitasi dan meningkatkan intensitas dan kualitas belajar pada diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis kata menggunakan alat permainan edukatif (APE) Dadu Cerdas pada siswa kelas B TK Al Hasan, Magetan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Dalam penelitian ini, ditetapkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah 75 untuk kemampuan menulis siswa, dengan persentase ketuntasan klasikal 80%. Dari tiga siklus yang dilaksanakan, hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan menulis kata dengan APE Dadu Cerdas. Nilai ketuntasan klasikal siklus pertama 21%, kedua 53%, dan ketiga 84%.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-13

Terbitan

Bagian

Articles