Meningkatkan Keterampilan Reading For Comprehension Melalui Metode Learning Together
Kata Kunci:
Metode Learning Together;, Keterampilan Membaca;, PTKAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan reading for comprehension siswa menggunakan metode pembelajaran Learning Together. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (action research) dengan menerapkan tiga kali siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Kelas XII (IPS-1) SMA Negeri 1 Sampung, Ponorogo sejumlah 23 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui studi dokumen (hasil ulangan harian), observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan model interaktif (Miles dan Hubberman) dan statistik deskriptif. Dari hasil analisis diketahui bahwa keterampilan reading for comprehension siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,86%), siklus II (73,39%), dan siklus III (95,65%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode Learning Together dapat meningkatkan keterampilan reading for comprehension siswa yang tercermin dari hasil pada tiap siklus. Secara empiris, metode Learning Together dapat digunakan sebagai salah satu alternatif metode dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang aplikatif.