TEKNIK PERSUASIF PADA IKLAN KARTU SELULER

Penulis

  • Reni Irma Wati STKIP PGRI Ponorogo
  • Ririen Wardiani STKIP PGRI Ponorogo
  • Cutiana Windri Astuti STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Teknik Persuasif, Analisis Wacana, Iklan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan teknik persuasif yang digunakan pada iklan kartu seluler. Penelitian ini menggunakan objek baliho dan pamflet iklan kartu seluler. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yaitu berupa foto baliho dan pamflet. Data yang terkumpul dikelompokkan berdasarkan teknik persuasif. Makna dalam data tersebut dianalisis menggunakan teori analisis wacana model Van Dijk, setelah itu data dianalisis sesuai teknik persuasif yang digunakan pada iklan kartu seluler. Teknik persuasif dalam iklan kartu XL ialah teknik sugesti, kompensasi, dan substitusi. Bentuk kalimat yang digunakan singkat, dan mudah dipahami. Teknik persuasif pada iklan kartu Telkomsel meliputi teknik sugesti dan teknik kompensasi. Pada iklan disertakan kalimat penjelas untuk memudahkan pembaca dalam memahami iklan, terdapat gambar-gambar sebagai background yang berkaitan dengan yang diiklankan. Iklan kartu Indosat menggunakan teknik persuasif sugesti dan kompensasi. Iklan Indosat menggunakan bentuk kalimat yang singkat dengan gambar logo aplikasi dan tabel-tabel sebagai penjelas.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-23

Terbitan

Bagian

Articles