OUTCLASS LANGUAGE LEARNING COMPARED TO PRESENTATION, PRACTICE, AND PRODUCTION TECHNIQUE TO TEACH SPEAKING

Penulis

  • Muhammad Zaki Pahrul Hadi Universitas Bumigora Mataram
  • Titik Ceriyani Miswaty Universitas Bumigora Mataram
  • Syamsurrijal Syamsurrijal Universitas Bumigora Mataram

Kata Kunci:

Luar Kelas, Pembelajaran Bahasa, Berbicara, Praktik

Abstrak

Keterampilan berbicara telah diajarkan di setiap lembaga pendidikan. Hal ini menunjukkan pentingnya memiliki keterampilan komunikasi yang baik, termasuk dalam menggunakan bahasa Inggris. Dalam hal ini, guru memainkan peran yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan siswa untuk menggunakan bahasa Inggris mereka. Dalam pembelajaran, guru sering menemukan kesulitan dalam mengajarkan keterampilan berbicara tersebut. Untuk mengatasi kesulitan guru dalam menemukan teknik pengajaran yang tepat, pembelajaran bahasa di luar kelas (OCLL) dianggap sebagai strategi alternatif yang tepat untuk mengajarkan keterampilan berbicara. Hal ini menciptakan peluang dan penghargaan besar bagi siswa maupun guru. Selain itu, OCLL dapat memberikan banyak manfaat dalam hal kesenangan, kenikmatan, pengembangan pribadi, motivasi dan kepercayaan diri. Artikel ini mencoba mendeskripsikan dan mengelaborasi konsep penggunaan Pembelajaran Bahasa di Luar Kelas (OCLL) untuk mengajarkan keterampilan berbicara. Teknik Presentation, Practice, and Production (PPP) digunakan sebagai perbandingan untuk teknik OCLL.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-02

Terbitan

Bagian

Articles