ERROR IN DESCRIPTIVE TEXT OF THE FOURTH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT

Penulis

  • Ulil Hadi Atma Saputra STKIP PGRI Ponorogo
  • Adip Arifin STKIP PGRI Ponorogo
  • Ratri Harida STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Analisis Kesalahan, Menulis, Teks Deskriptif

Abstrak

Bahasa Inggris memainkan peran penting sebagai sarana komunikasi Internasional. Ketika orang Indonesia ingin berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, orang Indonesia harus belajar struktur Bahasa Inggris. Pola struktur Bahasa Inggris berbeda dengan struktur Bahasa Indonesia sehingga menjadi kendala dalam berkomunikasi bagi orang Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan umum dan sumber kesalahan dalam teks deskriptif oleh mahasiswa semester empat Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Ponorogo. Pada Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif yang menggambarkan seberapa jauh siswa membuat kesalahan dalam menulis teks deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Juni-Juli 2018. Dalam penelitian ini, penulis mengambil 6 mahasiswa sebagai subjek. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan analisis teks dan kesalahan. Analisis data menggunakan prinsip analisis kesalahan umum dan kesalahan sumber menggunakan teori Corder dan teori Brown. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 108 kesalahan dalam penulisan teks deskriptif mereka. Penulis menemukan kesalahan tertinggi adalah kesalahan dalam verba(kata kerja) dan kesalahan terendah adalah kesalahan dalam kapitalisasi. Penulis menemukan beberapa sumber kesalahan oleh siswa adalah transfer intralingual.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-02

Terbitan

Bagian

Articles