Designing APV in Jungle (Audio, Picture And Video) to Learn English Speaking Skills
Kata Kunci:
Berbicara;, Kosakata;, PemulaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa dalam penguasaan kosakata melalui media aplikasi yang berisi gambar audio dan video. Penelitian ini menggunakan desain R&D. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII MTS Ma’arif 4 Mantup Lamongan yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan berbagi kuisioner, untuk mengetahui kebutuhan dan kendala yang dialami siswa dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris. Untuk memenuhi validitas dan reliabilitas, peneliti menggunakan dua validator yang bertugas menguji kelayakan media pembelajaran untuk digunakan siswa. Penguji terdiri dari ahli materi dan ahli desain media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi layak digunakan. Peningkatan tersebut terlihat dari penggunaan teknik analisis data untuk menghitung skor dari kuesioner menggunakan teknik skala Linkert dengan 5 pilihan jawaban. Berdasarkan penilaian 25 siswa, total skor yang diperoleh adalah 1066, total skor tersebut kemudian dihitung dengan menggunakan rumus yang telah dijelaskan sebelumnya untuk menentukan kelayakan media pembelajaran. Rata-rata skor yang diperoleh dari responden adalah 42, data tersebut kemudian dihitung kembali. Sehingga hasil penilaian responden sebesar 4,2 yang termasuk dalam kategori baik dan layak pakai. Manfaat penelitian yang dilakukan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan media berbasis aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian, siswa dapat menyimpulkan bahwa belajar kosakata bahasa Inggris lebih mudah dengan menggunakan media.