Users’ Perspectives on Improving English Skills Through Twitter and Telegram

Penulis

  • Rifa Suci Wulandari STKIP PGRI Ponorogo
  • Tintin Muliani IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.60155/salience.v3i2.364

Kata Kunci:

Twitter dan Telegram, Keterampilan Bahasa Inggris, Perspektif Pengguna

Abstrak

Kebutuhan penggunaan bahasa Inggris untuk komunikasi menempatkan bahasa Inggris sebagai bahasa yang penting untuk dikuasai, terutama di era modern berbasis internet seperti sekarang ini. Internet menyediakan banyak informasi dengan distribusi yang cepat dan mampu menjangkau jaringan yang luas. Internet juga dapat menyajikan materi untuk belajar bahasa Inggris yang dapat diakses secara gratis. Dua platform yang menyediakan akses ini yaitu Twitter dan Telegram. Berdasarkan fenomena ini, penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam tentang perspektif pengguna terkait pemanfaatan Twitter dan Telegram untuk mengembangkan keterampilan bahasa Inggris mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari interview terbuka terstruktur, interview lanjutan, dan kajian pustaka. Subyek penelitian ini adalah pengguna aplikasi Twitter dan Telegram untuk belajar bahasa Inggris di luar kelas formal. Data interview dianalisis dengan cara mencatat dan merekam hasil interview kemudian diinterpretasikan dan ditranskripsi ke dalam bahasa Inggris akademis formal. Analisis jurnal dilakukan dengan meringkas dan mensintesis sumber berdasarkan judul, penulis, tahun publikasi, latar belakang penelitian, pertanyaan penelitian, serta hasil dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna memiliki respon positif dan pengalaman dalam memanfaatkan Twitter dan Telegram untuk mengembangkan keterampilan bahasa Inggris mereka.

Diterbitkan

2023-11-23

Terbitan

Bagian

Articles