TED Talks Video As Efl’s Public Speaking Learning Source

Penulis

  • Nurul Aini IAIN Kediri
  • Ayu Wulandari IAIN Kediri
  • Nadia Farihatul Jihan IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.60155/salience.v3i2.362

Kata Kunci:

Berbicara di Depan Umum, Video TED Talks, Persepsi Siswa

Abstrak

Public  Speaking adalah mata pelajaran yang menarik dan sangat penting, karena memungkinkan siswa untuk memperoleh keterampilan komunikatif. digunakan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang bagaimana TED Talks dapat digunakan untuk berlatih berbicara di depan umum. Populasi penelitian ini terdiri dari mahasiswa semester enam jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dengan jumlah responden sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner terbuka. Skor tertinggi adalah item 8 dengan pernyataan "Menggunakan video TED Talks meningkatkan pemahaman saya terhadap isi pelajaran dalam berbicara di depan umum." Sebanyak 1 siswa (5%) memilih "sangat setuju", dan 19 (95%) siswa memilih "setuju". Dan untuk nilai terendah yaitu item 5, dengan pernyataan Menggunakan video TED Talks dalam pembelajaran public speaking lebih efektif dibandingkan melihat catatan guru, 3 siswa (15%) memilih "sangat setuju", 11 (55%) siswa memilih "setuju", dan 6 siswa (30%) memilih tidak setuju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka memiliki ide yang baik untuk menggunakan TED Talk sebagai pelajaran berbicara di depan umum, dan para peneliti menemukan bahwa persepsi siswa tentang penggunaan video TED Talk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. 

Diterbitkan

2023-11-23

Terbitan

Bagian

Articles