The Use of Dubbing Technique in Teaching Pronunciation for 7th Graders

Penulis

  • Umi Rohmatin STKIP PGRI Ponorogo
  • Syamsudin Ro'is STKIP PGRI Ponorogo
  • Adip Arifin STKIP PGRI Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.60155/salience.v3i2.361

Kata Kunci:

Mengajar Pengucapan, Teknik Dubbing, Siswa Kelas 7

Abstrak

Berbicara adalah bagian penting dalam belajar bahasa asing. Pengucapan, sebagai keterampilan mikro berbicara, perlu diajarkan pada tahun-tahun awal sekolah untuk membantu siswa lebih memahami cara berbicara. Menyadari pentingnya pengucapan, guru harus mampu meyakinkan siswa agar mempunyai kemauan untuk meningkatkan pengucapan bahasa Inggrisnya. Penelitian ini menganalisis penggunaan teknik dubbing dalam pengajaran pengucapan di kelas tujuh SMP Maarif 4 Kauman pada tahun ajaran 2021-2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu siswa berlatih berbicara. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif. Peneliti mengambil lokasi di kelas VII yang terdiri dari 19 siswa dengan 16 laki-laki dan 3 perempuan. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa penggunaan teknik dubbing membantu siswa belajar berbicara. Hasil ini terlihat dari betapa antusiasnya siswa dalam menonton dan menyuarakan kembali video tersebut. Perasaan senang dan gembira tersebut membuat mereka secara spontan angkat bicara dan mengucapkan kata berdasarkan video tersebut. Selanjutnya penggunaan teknik ini harus terus menerus disesuaikan dengan penggunaan sementara pengucapan yang benar di kalangan siswa.

Diterbitkan

2023-11-23

Terbitan

Bagian

Articles