The Implicit Meaning of Coca-Cola TV Advertisement
Kata Kunci:
Tata Bahasa, Konteks, Analisis Wacana, Iklan TVAbstrak
Untuk membuat komunikasi berjalan dengan baik, pembicara harus mengetahui konteks dan struktur teks dalam gaya yang harmonis. Siapapun tidak dapat melewati jalan, berbelanja, menonton televisi, membaca surat, mengakses internet, membaca koran, atau naik kereta api tanpa melihat iklan di sekitarnya. Iklan di televisi membuat banyak interaksi antara produsen dan konsumen. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kohesi gramatikal dan konteks situasi yang terjadi pada iklan TV Coca-Cola dengan pendekatan mikrostruktur dan makrostruktur. Aspek gramatikal iklan Coca-Cola adalah sebagai berikut referensi, elipsis, substitusi, dan konjungsi. Aspek gramatikal yang paling banyak muncul dalam iklan TV Coca-Cola adalah referensi. Tiga konteks ditemukan dalam data; konteks fisik, sosial, dan bahasa. Makna tersirat dan fungsi wacana dalam iklan TV Coca-Cola adalah semangat anak muda untuk berbagi kebahagiaan.