English Classroom Learning and Teaching Activity at Islamic Junior High School in Ponorogo

Penulis

  • Nike Herawati STKIP PGRI Ponorogo
  • Elys Rahayu Rohandia Misrohmawati STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Kelas Bahasa Inggris, Belajar dan Mengajar, Pendekatan Ilmiah

Abstrak

Pelajaran Bahasa Inggris adalah proses menerima materi pelajaran dari guru dengan peran aktif siswa dalam melakukan kegiatan yang dapat mendukung proses pembelajaran. Berbagai teknik pengajaran membantu peserta didik untuk mendapatkan motivasi tinggi untuk belajar Bahasa Inggris dengan mudah. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII C MTs Ma’arif Al-Mukarrom, Kauman, Ponorogo pada tahun akademik 2020/2021. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. Penulis menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan/memverifikasi. Dari penelitian ini diketahui bahwa Guru Bahasa Inggris telah menerapkan pembelajaran kontekstual untuk mengajarkan kosa kata. Tujuannya untuk memotivasi siswa untuk memahami pentingnya mata pelajaran dengan menghubungkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari.. Pendekatan ilmiah digunakan dalam mengajar dengan penekanan pada penggunaan metode ilmiah, pengajaran, dan pembelajaran. Pendekatan ini diharapkan membuat siswa berpikir secara ilmiah, logis, kritis, dan objektif sesuai dengan fakta. 

Diterbitkan

2022-05-11

Terbitan

Bagian

Articles