The Influence of Social-Emotional Approach to Students’ Motivation in Learning English

Penulis

  • Febriana Kartika Sari STKIP PGRI Ponorogo
  • Siti Munifah STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Pembelajaran Bahasa Inggris, Motivasi, Sosial-Emosional

Abstrak

Pendekatan sosial-emosional di dalam kelas, berfungsi sebagai upaya guru untuk menciptakan bagaimana suasana siswa agar mengalami perubahan dalam proses belajar. Bila pendekatan sudah tercapai guru akan lebih mudah memberikan motivasi terhadap siswa sehingga dapat mempengaruhi tingkah laku bahkan semangat belajarnya. Tujuan dari penelitian, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan social-emotional guru Bahasa Inggris terhadap motivasi belajar BahasaInggris. Objek penelitian kelas TAB X di SMK PGRI 2 Ponorogo dan jumlah muridnya 42. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan korelasi coefficient contingency dan product moment. Hasil dari peneliian, ada hubungan yang sangat kuat antara pendekatan social-emosional guru dengan motivasi siswa kelas X TAB di SMK PGRI 2 Ponorogo. 

Diterbitkan

2021-10-31

Terbitan

Bagian

Articles