Implementasi Model Self Directed Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas VIII MTs N I Boyolali Program Khusus Tahun Aajaran 2025
DOI:
https://doi.org/10.60155/leksis.v5i1.536Kata Kunci:
Keterampilan menulis, Teks laporan, Model Self Directed LearningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan keterampilan menulis siswa kelas VIII MTs N 1 Boyolali program khusus. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teori sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan ialah Miles dan Huberman dengan langkah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan analisis data pada penelitian ini. 1) Perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia pada pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi telah dilakukan guru MTs N 1 Boyolali bersama MGMP Kabupaten Boyolali, dan telah sesuai dengan aturan kurikulum merdeka yaitu membuat modul ajar, ATP, CP, strategi, metode, materi, media dan evaluasi. 2) Dalam pelaksanaan yang dilakukan telah sesuai dengan perencanaan diawal yang dirangkum dalam tiga komponen yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. Pada kegiatan inti guru telah menggunakan model SDL kemampuan mandiri yaitu dilakukan tanya jawab secara individu siswa dan dipadukan dengan projek menulis teks laporan hasil observasi yang sebelumnya disuruh observasi di koperasi sekolah. 3) Penilaian keterampilan menulis siswa kelas VIII Program khusus menggunakan media Youtube telah sesuai dengan perencanaan. Penilaian yang dilakukan yaitu struktur meliputi judul, pembuka, isi, dan penutup. Aspek kebahasaan meliputi kalimat definisi, kata konjungsi dan kalimat deskripsi. Nilai yang diperoleh siswa kelas VIII program khusus dari kelompok 1-7 yaitu keseluruhan 80-90. Nilai ini sudah melebihi KKTP yang ditetapkan pihak sekolah.