Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek
DOI:
https://doi.org/10.60155/leksis.v4i2.472Kata Kunci:
Peningkatan, Model Problem Based Learning, Teks Cerita PendekAbstrak
Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI MA Plus Wali Songo Madiun Tahun Pelajaran 2022/2023. Latar belakang dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini ialah rendahnya tingkat keterampilan menulis siswa khususnya teks cerita pendek. Rendahnya keterampilan menulis teks cerita pendek disebabkan karena minat belajar siswa terhadap menulis yang rendah, juga motivasi belajar yang kurang. Untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerita pendek siswa, upaya yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Dengan PBL siswa dapat merasakan manfaat dari pembelajaran sebab masalah-masalah yang diselesaikan langsung dikaitkan dengan kehidupan nyata. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa terhadap bahan yang dipelajari. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di MA Wali Songo Madiun, dengan subjek kelas XI MIA, terdiri dari 40 siswa, 17 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus ada empat tahap yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan, untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan lembar observasi. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI MIA MA Plus Wali Songo. Prosentase ketuntasan pada siklus I sebesar 50% siklus II 72,5%, dan siklus III 97,5%.