Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Kompas Id Edisi Bulan Maret 2024

Penulis

  • Awalul Roziqqi STKIP PGRI Ponorogo
  • Lusy Novitasari STKIP PGRI Ponorogo
  • Siti Munifah STKIP PGRI Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.60155/leksis.v4i2.471

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Kumpulan Cerpen, Sosiologi Sastra

Abstrak

Sosiologi sastra dikenal sebagai pendekatan untuk memahami karya sastra dalam hubungannya dengan dunia nyata dan aspek sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter serta mengetahui atau mengungkapkan fungsi nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dalam kehidupan bermasyarakat pada kumpulan cerpen pada harian Kompas.id edisi bulan Maret 2024. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif kajian pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Hubberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam kumpulan cerpen pada harian Kompas.id edisi bulan Maret 2024 memuat nilai-nilai pendidikan karakter, meliputi: nilai pendidikan karakter kerja keras, pendidikan karakter religious, nilai kreatif, nilai jujur, nilai rasa igin tahu, nilai peduli sosial, nilai kerja keras, nilai peduli lingkungan, nilai bersahabat, serta nilai tanggung jawab.

Unduhan

Diterbitkan

28-10-2024

Cara Mengutip

Roziqqi, A., Novitasari, L., & Munifah, S. (2024). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Kompas Id Edisi Bulan Maret 2024. LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.60155/leksis.v4i2.471

Terbitan

Bagian

Articles