Kelayakan Bahasa Buku Teks Mahir Berbahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka Terbitan Erlangga

Penulis

  • Devi Sukmawati UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Risma Rifki Utami UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.60155/leksis.v5i1.420

Kata Kunci:

Buku Teks, kelayakan bahasa, Kurikulum Merdeka

Abstrak

Latar belakang masalah di dalam penelitian ini adalah fakta yang terjadi di dalam dunia pendidikan, masih banyak terdapat masalah yang ditemukan mengenai kasus uraian materi yang terdapat di dalam buku Pendidikan. Salah satu Solusi yang dapat dilakukan untuk permasalahan tersebut adalah dengan cara melakukan perbaikan terhadap penyajian buku Pelajaran terutama terhadap aspek kelayakan Bahasa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan Bahasa pada buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII kurikulum Merdeka terbitan erlangga terhadap Tingkat ketertarikan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitataif dengan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan Teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melewati tahapan terhadap redukasi nyata, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menjunjukan bahwa kelayakan Bahasa pada buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII kurikulum Merdeka terbitan erlangga pada aspek penilaian dengan bentuk komunikatif ditemukan 9 dan ditemukan dari bentuk Dialogis Interaktif 9 bentuk pola penilaian dalam buku teks terbitan erlangga kurikulum merdeka pada aspek kesesuaian terhadap kaidah Bahasa Indonesia telah memenuhi standart kelayakan Bahasa yang telah ditetapkan. 

Unduhan

Diterbitkan

24-04-2025

Cara Mengutip

Sukmawati , D. ., & Utami , R. R. (2025). Kelayakan Bahasa Buku Teks Mahir Berbahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka Terbitan Erlangga. LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.60155/leksis.v5i1.420

Terbitan

Bagian

Articles