Model Analisis Komparatif Bersama Sebagai Implementasi Nilai Etika dan Estetika dalam Pembelajaran Teks Anekdot

Penulis

  • Ardian Pitra Satya Purnama STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Etika dan Estetika, Teks Anekdot

Abstrak

Perubahan kurikulum di Indonesia perlu disikapi sebagai sebuah pembaruan khususnya dalam bidang pendidikan. Perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 (K-13) menjadi hal baru untuk kaum pendidik di awal implementasinya. Seluruh kaum pendidikan, dari siswa, guru, sampai sekolah secara administratif “bergumul” pada K-13 ini. Perubahan kurikulum memang dikelola untuk memberikan perbaikan demi perbaikan pada sistem pendidikan di Indonesia. Hanya saja, perubahan kurikulum terkadang menjadi sebuah kontroversi di berbagai pihak. Terlepas dari kontroversi tersebut, tak dapat dipungkiri kurikulum ini membawa paradigma pembelajaran baru. Pendekatan scientific approach (pendekatan ilmiah) yang diusung oleh K-13 memacu siswa untuk mengembangkan pola pikir ilmiah selayaknya peneliti. Pengajarpun dipacu untuk lebih mencari alternative model pembelajaran yang inovatif untuk siswanya. Berdasarkan hal di atas, penulis menyusun model pembelajaran baru yang dideskripsikan di bawah ini mulai dari landasan model pembelajaran, definisi, tujuan, karakteristik, hingga implementasi di dalam kelas.

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2021

Cara Mengutip

Purnama, A. P. S. . (2021). Model Analisis Komparatif Bersama Sebagai Implementasi Nilai Etika dan Estetika dalam Pembelajaran Teks Anekdot. LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2). Diambil dari https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/4

Terbitan

Bagian

Articles