Media Tayangan Iklan Produk untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif Siswa

Penulis

  • Enggar Rimayanti
  • Kasnadi
  • Hestri Hurustyanti

Kata Kunci:

Paragraf Persuasi, Keterampilan Menulis, Media Iklan

Abstrak

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan penggunaan media tayangan iklan produk untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf persuasif pada siswa kelas X MA Al-Ichsan Parang, Magetan Tahun Pelajaran 2017/2018. Latar belakang dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini ialah rendahnya tingkat keterampilan menulis siswa khususnya paragraf persuasif. Untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf persuasif siswa, upaya yang dilakukan dengan menggunakan media tayangan iklan produk. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di MA Al-Ichsan Parang, dengan subjek kelas X, terdiri dari 12 siswa, 11 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus ada empat tahap yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan, untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan lembar observasi. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran menulis paragraf persuasif menggunakan media tayangan iklan produk dapat meningkatkan keterampilan menulis persuasi siswa kelas X MA Al-Ichsan Parang. Pada siklus I sebesar 63,75, siklus II
69,58, dan siklus III 75,42.

Unduhan

Diterbitkan

24-04-2021 — Diperbaharui pada 26-04-2021

Cara Mengutip

Rimayanti, E., Kasnadi, & Hurustyanti, H. (2021). Media Tayangan Iklan Produk untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif Siswa. LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 9–16. Diambil dari https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/3

Terbitan

Bagian

Articles