BAHASA PERSUASIF PADA IKLAN KOSMETIK DI TELEVISI

Penulis

  • Riky Juwita Putri Agustin STKIP PGRI Ponorogo
  • Kasnadi STKIP PGRI Ponorogo
  • Cutiana Windri Astuti STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Bahasa, Persuasif, Iklan

Abstrak

Bahasa persuasif merupakan sebuah kalimat yang bertujuan untuk mengajak serta memengaruhi seseorang agar mau mengikuti apa yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan bahasa persuasif melalui teknik rasionalisasi, sugesti dan konformitas pada iklan kosmetik di televisi. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian analisis wacana. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan klasifikasi jenis teknik persuasif dari Keraf (2007) sebagai basis pengelompokan data, yang terdiri dari; (a) teknik persuasif rasionalisasi, pada teknik ini terdapat 17 iklan kosmetik yang ditandai dengan jumlah produk, manfaat, kandungan dan hasil yang di dapat setelah menggunakan produk kosmetik tersebut. (b) teknik persuasif sugesti, pada teknik ini terdapat 22 iklan kosmetik yang ditandai dengan menunjukkan keunggulan yang ada pada produk kosmetik tersebut. Dan (c) teknik persuasif konformitas, terdapat 12 iklan kosmetik yang ditandai dengan penggunaan artis atau publik figur nasional.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-01

Terbitan

Bagian

Articles