NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM 27 CERITA RAKYAT NUSANTARA KUMPULAN MB. RAHIMSYAH

Penulis

  • Aulia Kanzul Hidayah STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Nilai Pendidikan Karakter, ‘27 Cerita Rakyat Nusantara’

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lima nilai pendidikan karakter dalam
27 Cerita Rakyat Nusantara kumpulan MB. Rahimsyah yang meliputi religius, jujur, kerja keras,
bersahabat/komunikatif, dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kajian pustaka. Langkah-langkah menganalisis
data dengan membaca ulang, mengidentifikasi, mengitepretasi, dan menyimpulkan. Hasil kajian dapat
disimpulkan bahwa nilai pendidikan karakter religius berupa rasa bersyukur kepada Allah, istiqomah
dengan penuh keyakinan, dan berdoa merupakan cara mendekatkan diri kepada Allah. Nilai pendidikan
karakter jujur berupa berkata jujur merupakan anjuran Tuhan, perkataan jujur akan selalu dihargai
dan jujur merupakan keselarasan antara fakta dan perkataan. Nilai pendidikan karakter kerja keras
ditandai dengan sukses tidak bisa diraih tanpa usaha. Nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif
meliputi kegiatan bermusyawarah dan interaksi yang komunikatif. Nilai pendidikan karakter tanggung
jawab meliputi sikap meminta maaf dan sportif.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-30

Terbitan

Bagian

Articles