IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILL USING ROLL A DICE GAME AT SDN 2 TONATAN PONOROGO

Penulis

  • Elok Sri Wahyuni STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

PTK, ‘Roll a Dice’, Keterampilan Menulis

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah permainan ‘Roll a Dice’ dapat meningkatkan ketrampilan siswa siswa kelas 4 SDN 2 Tonatan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini diterapkan dengan 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Tonatan Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016. Kelas tersebut terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Maret–April 2016. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen observasi, kuesioner, dokumentasi dan tes. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan tekhnik triangulasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dari kriteria keberhasilan. Data menunjukkan 79.2% siswa aktif dan memperhatikan pembelajaran dan 80% siswa memberi respon baik saat aktifitas menulis menggunakan permainan ‘Roll a Dice’ pada siklus pertama. Selanjutnya, hasil tes pada siklus ke-2 menunjukkan bahwa 90.6% siswa mencapai kriteria
ketuntasan minimum.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-30

Terbitan

Bagian

Articles