PICTURE STRIPS AS THE SPEAKING SKILL ENHANCER IN TEACHING CONDITIONAL SENTENCE WITH SUGGESTION
Kata Kunci:
Rangkaian Gambar, Pembelajaran Komunikatife, Grammar Translation Method, Conditional Sentence,, BehavioristAbstrak
Artikel ini membahas tentang penggunaan rangkaian gambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam mengungkapkan saran yang menggunakan kalimat pengandaian. Sebagaimana diketahui, beberapa guru masih menggunaan teknik gaya lama dengan menerjemahkan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Hal ini bukanlah sebuah kesalahan. Beberapa siswa mampu menjawab soal ataupun pertanyaan dalam kalimat pengandaian tersebut tetapi mereka tidak mampu mengungkapkan saran dengan kalimat pengandaian berdasarkan kasus ataupun konteks yang telah diberikan. Sementara,
sebagian siswa yang lain hanya berkonsentrasi pada tipe-tipe kalimat pengandaian. Penulis menitikberatkan percobaannya dalam menggunakan rangkaian gambar, yang merupakan bagian dari teknik pendekatan komunikatif yang terkenal sebagai pemecahan untuk masalah yang telah disebutkan. Berdasarkan penelitian ekperimental kecil yang telah dilakukan pada kelas 12 SMK, ‘picture strips’ mampu membantu siswa dalam menuntaskan kompetensi dasar mengungkapkan saran dengan menggunakan kalimat pengandaian sebanyak 100% dari jumlah siswa. Peneliti berharap penelitian yang singkat dan ringkas ini mampu memberikan kontribusi dalam bidang Teaching English as the Second Language.